Paraktik Perencanaan Pembelajaran

Paraktik Perencanaan Pembelajaran

 

NAMA            : ERINA KRISTIANI

NIM                :1702111467

KELAS          : C/7/PAK

 

1.  Mengapa anda sebagai seorang calon guru perlu menguasai atau memilik keterampilan dasar memberikan stimulus yang bervariasi?

Jawaban :

Karena seorang calon guru harus bisa mengendalikan proses pembelajaran dengan baik agar bisa mengatasi kebosanan peserta didik, agar selalu antusias, tekun, dan penuh partisipasi. Agar meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan.

 

2.      Apa yang dimaksud dengan keterampilan dasar variasi stimulus?

Jawaban :

Variasi stimulus adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interasksi belajar-mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam proses belajar-mengajar siswa senantiasa menunjukan ketekunan, antusias serta penuh partisipasi.

 

3.      Apa tujuan dan manfaat variasi stimulus?

Jawaban :

Tujuan dan manfaat dari variasi stimulus, di antaranya yaitu:

a.       Terciptanya proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.

b.      Menghilangkan kejenuhan dan kebosanan sebagai akibat dari kegiatan yang bersifat rutinitas.

c.       Meningkatkan perhatian dan motivasi siswa.

d.      .mengembangkan sifat keingintahuan siswa terhadap hal-hal yang baru.

e.       Menyesuaikan model pembelajaran dengan cara belajar siswa yang berbeda-beda.

f.        Meningkatkan kadar aktivitas belajar siswa.

4.      Jelaskan mengenai 3 variasi mengajar dan berikan contoh!

Jawaban:

a.      Variasi kegiatan tatap muka

Variasi ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menjaga agar proses pembelajaran tetap kondusif, ada beberapa

Teknik yang dapat dilakukan dalam kegiatan tatap muka contohnya: penggunaan variasi suara contohnya seperti tinggi rendahnya guru berbicara, pemusatan perhatian, kebisuan guru contohnya guru memberikan waktu kebapa siswa untuk mencerna penjelasan sejenak tidak terus terusan bicara, mengadakan kontak pandang dengan peserta didik, dan gerak guru, guru yang mengajar dengan diam ditempat yang sama dari awal hingga akhir jelas akan memberi kesen berbeda bagi peserta didik dibanding guru yang mengajar gestur tubuh.

b.      Variasi menggunakan media

Variasi dalam penggunaan media dan alat pembelajaran guru perlu mengunakan variasi dalam penggunaan media dan alat pembelajaran. Media yang dapat didengar, dapat dilihat, dan dapat diraba. Untuk bisa mempertinggi perhatian siswa, guru perlu menggunakan setiap media sesuai dengan kebutuhan.

c.       Variasi komunikasi pembelajaran

Guru perlu membangun interaksi secara penuh dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Guru perlu menggunakan variasi interaksi dua arah, yaitu pola interaksi siswa-guru-siswa, bahkan pola interaksi multi arah

 

5.    Jelaskan prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan dalam menerangkan dan mengembangkan keterampilan variasi stimulasi?

Jawaban:

Prinsip-prinsip keterampilan mengadakan variasi yaitu;

a.      variasi hendaknya digunakan dengan suatu maksud tertentu yang relevan dengan tujuan yang hendak dicapai,

b.      variasi harus digunakan dengan lancar dan berkesinambungan sehingga tidak akan merusak perhatian peserta didik dan tidak mengganggu pelajaran, dan

c.       variasi harus direncanakan secara baik dan secara eksplisit dicantumkan dalam rencana pelajaran atau satuan pelajaran.

 

6.      Mengapa anda sebagai calon guru peru menguasai atau memiliki keterampilan bertanya dasar?

Jawaban:

Karena keterampilan guru dalam bertanya sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa,

 

7.      Apa yang dimaksud dengam keterampilan bertanya dasar?

Jawaban:

Keterampilan bertanya dasar  yaitu mencakup pertanyaan yang jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan perhatian, pemindahan giliran, penyebaran pertanyaan, pemberian waktu berpikir, dan pemberian tuntunan.

 

8.      Sebutkan dan jelaskan apa tujuan dan manfaat serta karakteristik keterampilan bertanya dasar?

Jawaban:

Tujuan dan manfaat keterampilan bertanya dasar yaitu Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu terhadap pokok bahasan, Memusatkan perhatian, Mengembangkan SCL (Studen Center Learning), Menarik siswa dalam pokok pembicaraan, Mengetahui kesulitan belajar siswa, Memotifasi siswa mengeluarkan pendapat, Merangsang kemampuan berpikir, Membantu siswa dalam belajar, Mengarahkan siswa pada interaksi belajar yang mandiri, Membantu siswa dalam mencapai tujuan pelajaran yang dirumuskan, Memusatkan kekuatan ingatan dalam suatu masalah, sehingga dapat mengikuti sepenuhnya pembahasan dan pendalaman masalahnya, kemudian setelah itu bepindah kepada bahan lain (bahan baru), Memantapkan pengertian-pengertian dan masalah-masalah yang telah diajarkan kepada mereka, Mengukur (mengevaluasi) benar tidaknya bahan pelajaran yang dapat mengerti / ditangkap oleh murid-murid selama pelajaran berlangsung dan mengukur kadar jelas tidaknya (pengertian mereka), Akan jelas bagi guru, banyaknya pelajaran yang sudah diketahui/dimengerti oleh murid-muridnya.

Komponen keterampilan bertanya dasar adalah : Jelas dan singkat, Pemberian acuan, Pemusatan, Pemindahan giliran, pemberian waktu berfikir, pemberian tuntunan.

 

9.      Menurut anda hal apa yang peru dihindari ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada siswa?

Jawaban:

Hal yang perlu dihindari saat mengajukan pertanyaan pada siswa antara lain hindari menyalahkan pada jawaban siswa, gunakan kata belum tepat.

Hindari menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum siswa menjawabnya mengulang-ngulang pertanyaan yang sama

 

10.  Apa yang di maksud dengan ketrampilan bertanya lanjut?

Jawaban :

Keterampilan bertanya lanjut adalah kecakapan guru dalam mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk lebih mengutamakan usaha mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik, memperbesar partisipasi dan mendorong peserta didik agar dapat berinisiatif sendiri dengan cara melakukan perubahan tuntunan tingkat berpikir.

 

11.  Apa perbedaan dari keterampilan bertanya dasar dan lanjut?

Jawaban:

Keterampilan bertanya dasar dapat dilihat dari pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan ke arah jawaban yang diminta, pemindahan giliran menjawab, penyebaran pertanyaan, dan pemberian waktu berpikir, sedangkan keterampilan bertanya lanjut dapat dilihat dari perubahan tingkat kognitif.

 

12.  Sebutkan dan jelaskan apa tujuan dan manfaat, serta karakteristik keterampilan bertanya lanjut!

Jawaban:

Tujuan dan manfaat dari bertanya lanjut adalah:

a.      Mengembangkan kemampuan berfikir siswa untuk menemukan,

mengorganisasi atau menilai atas informasi yang diperoleh.

b.      Meningkatkan kemampuan siswa dalam membentuk dan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang didasarkan atas informasi yang lebih lengkap dan relevan.

c.       Mendorong siswa untuk mengembangkan dan memunculkan ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif.

d.      Memberi kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran kepada hal-hal

 

Komponen bertanya tingkat lanjut adalah:

a.      Pengubahan tuntunan tingkat kognitif

b.      Pengaturan urutan pertanyaan

c.       Pertanyaan pelacak

·         Klarifikasi

·         Meminta peserta didik memberikan alasan

·         Meminta kesepakatan jawaban

·         Meminta ketepatan jawaban

·         Meminta jawaban yang lebih relevan

·         Meminta jawaban yang lebih kompleks

d.      Mendorong terjadinya interaksi

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak