Tata Cara Liturgi Ibadah Pemuda

0
Tema : Kebesaran Allah

1. Persiapaan 

Syallom, marilah kita mempersiapkan diri hati dan pikiran kita untuk beribadah dan datang kedalam hadirat-Nya yang kudus. Untuk memulai ibadah persekutuan pemuda SPP/R kita pada saat ini, kita menyanyikan pujian yang berkata “ Bertemu dalam kasihNya 

Pemuda-pemudi di minta berdiri sambil bertepuk tangan, bersalaman satu dengan yang lain Pujiaan (Bertemu Dalam Kasih-Nya) 2x 

Bertemu dalam kasihNya
berkumpul dalam
anugerahNya
Bersukacita semua
didalam rumah Tuhan...

Reff :

Oh saudarku dan
kau saudariku
Tuhan cinta
dan mengasihimu

Mari bersukacita
semua di dalam
rumah Tuhan...


2.      Doa pembukaan

Ya Allah Bapa yang maha kuasa yang kami kenal dalam anakMu Yesus Kristus tidak hentinya kami mengucapkan syukur karna Engkau masih memberikan nafas kepada kami. Pada saat ini kami datang berkumpul menghadap tahtaMu yang kudus kira Engkau layakan kami karna kami adalah manusia yang berdosa. Trimakasih Tuhan, kami menyerahkan ibadah kami pada saat ini dari awal pertengahan hingga berakhirnya nanti kedalam tangan penyertaanMu, dalam nama Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Pujian


(Bapa Engkau Sungguh Baik) 2x
Bapa Engkau sungguh baik
Kasih-Mu melimpah di hidupku
Bapa ku berterima kasih
Berkat-Mu hari ini
Yang Kau sediakan bagiku...

Reff :

Kunaikkan syukurku
Buat hari yang Kau b'ri
Tak habis-habisnya
kasih dan rahmat-Mu
S'lalu baru dan tak pernah
Terlambat pertolongan-Mu
Besar setia-Mu di s'panjang hidupku...

 

PERMAINAN

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, Lalu duduk membentuk barisan kebelakang. Kemudian di depan tiap kelompok diletakan 4 barang, yaitu: handpone, tas kecil, buku, dan kunci motor

 yang duduk paling depan tugasnya adalah mengakat barang yang diperintahkan,

tapi perintahnya dalam bentuk kode ketukan

kuncinya adalah:

1 x ketukan = handpone

2 x ketukan = tas

3 x ketukan = buku

4 x ketukan = kunci motor

 

Cara mainnya: wl mengetuk punggung peserta dibarisan paling belakang (terserah berapa kali) kemudian peserta melanjutkan ketukan kepada punggung teman yng berada didepannya. Hingga dibarisan paling depan. Yang paling depan tugasnya mengangkat barang yang diperintahkan.

 

5.      FIRMAN TUHAN 

Sebelum mendengarkan Pembritaan Firman Tuhan yang di sampaikan,  kita menyanyikan pujian yang mengatakan: Bagi Tuhan Tidak Ada Yang Mustahil 2x

Ku Yakin Saat Kau Berfirman

Ku Menang Saat Kau Bertindak

Hidupku Hanya Ditentukan

Oleh Perkataan-Mu

Ku Aman Kar’na Kau Menjaga

Ku Kuat Kar’na Kau Menopang

Hidupku Hanya Ditentukan

Oleh Kuasa-Mu

Reff :

Bagi Tuhan Tak Ada Yang Mustahil

Bagi Tuhan Tak Ada Yang Tak Mungkin

Mujizat-Nya Disediakan Bagiku

Ku Diangkat Dan Dipulihkan-Nya

 

 

 

Pemberitaan  Firman Tuhan :

Media              : menonton video “seberapa besar alam semesta”

            Isi Khotbah     :

Mari lihat seberapa kecil keberadaan kita, bahkan lebih kecil dari debu tanah.

Dari masa ke masa Allah selalu mengingatkan umatnya bahwa kuasaNyalah yang membuat kita diberkati dan berhasil. Kuasa tuhan nampak melindungi,mencukupi, menyelamatkan, dan banyak cara Allah menolong kita

Kita mempunyai Tuhan yang besar dan Sangat besar,tidak bisa dikatakan dengan perkataan dan tidak bisa dipikirkan dengan pikiran, itulah Tuhan kita. Mengapa?

Yesaya 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu Tahukah kalian berapa luas alam semesta ?.. Tidak terpikirkan oleh klta, dan betapa sangat luas galaksi kita yaitu Galaksi Bimasakti, Tetapi tunggu dulu,galaksi Bimasakti bukan satu-satunya galaksi yang ada di alam semestamasm ada tnlyunan galaksi diluar galaksi Bimasakti Betapa banyaknya bintang bintang yang ada di jagad raya ini, dan ada yang ukurannya 10 milyar kall ukuran bumi kita,

wouw.. Tuhan membuat semua planet,bulan, dan matahari. Dia bahkan memastikan mereka tidak bertabrakan satu sama lain karena mereka begitu banyak. Wow! Benarlah Tuhan kita Tuhan yang besar?

 3 Hal yang Besar tentang Tuhan kita.

1. Tuhan Yesus tidak pernah berubah Ibrani 13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. Semua yang ada di dunia ini bisa berubah,semua dari kita berubah..dari bayi,remaja,dewasa kemudlan kakek nenek..semua kita berubah. Tetapi bagaimanapun juga ada hal yang tidak berubah yaitu siang dan malam, matahari dl siang hari dan bulan dI' malam hari. Demikian juga dengan Tuhan kita Dia tidak pernah berubah, Kasnh-Nya, Kuasa-Nya, dan AnugrahNya. Maleakhi 3 :6 Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap. Bisakah kalian membayangkan Tuhan kita Tidak Mood( ngambek ), adakalanya Tuhan senang,adakalanya Dia lempar petir kepada kalian .Kalian bisa tldak bernafas saat ini !..Tetapi puji Tuhan, Dia tidak seperti itu, Dia adalah Tuhan yang stab dan tidak pernah berubah. Puji Tuhan kita melayani Tuhan yang hebat dan tak berubah!

2. Dia dapat MENGAMPUNI dosa Jika baju kalian kotor apa yang akan kalian lakukan ?.. Atau tangamubuh kalian penuh dengan kotoran lumpur ,apa yang akan kalian lakukan...Ya, pasti kalian akan mandi dan membersihkan kotoran tersebut dari tubuh kalian. Bagaimana dengan hati kalian ?? Dengan apa kalian akan membersihkan hati kalian dan dosa kalian ? Lukas 7:48 Lalu la berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni. Hanya Tuhan Yesus yang dapat mengampum dosa semua manusia termasuk dosa kita. Maka itu, tidak pedull berapa banyak hal buruk yang telah kalian lakukan, Tuhan Yesus punya kuasa untuk mengampum dosa. Dla adalah yang baik dan Tuhan yang hebat dan ingin mengampuni dosa kita!

3. Dia MEMILIKI ALAM SEMESTA Semua yang kita butuhkan, bumi mampu menghasilkan. Tuhan adalah Yang dapat membuat segalanya. Dia memiliki seluruh bumi. Bukan hanya bumi. Dia juga memlllki seluruh alam semesta.

Mazmur 50:10 ,sebab punya Kulah segala binatang hutan, dan beribu ribu hewan di gunung. Pertanyaannya: Apakah Tuhan mempunyai kebutuhan? Jlka dla lapar perlukah Dia memberi tahu kallan? Tidak! Karena dunia adalah milikNya dan semua yang ada di dalamnya!

Banyak dari kita membenamkan persembahan kepada Tuhan. Menurut kallan Tuhan membutuhkan semua uang? Tidak! Tuhan memillki segalanya didunia!

Jadi mengapa kita perlu memberi? Karena waktu klta memberi, itu adalah ekspresi kasih klta kepadaNya. - Dalam Kejadian 22:1-17, Abraham mengasihi Tuhan begitu besar sehingga dia rela mengorbankan Ishak. - Yohanes 3:16, memberikan kepada kita teladan yang terbaik dari mengasnhi dan memberi Karena Tuhan mengasihi dunia sehingga Dia membenkan kepada kita AnakNya. Mari kita menglngat kehebatan Tuhan yang memillki seluruh alam semesta.

 

 

 

6.      AKTIVITAS

Menuliskan isi hati dan perasaan yang dirasakan setelah melihat video tersebut. Dan tuliskan doa pribadi.

 

7.      Pujian:

“Dalamnya kasihMu Bapa”

Dalamnya kasihMu Bapa

Terlebih dari s’galanya

Pengorbanan yang termulia

S’lamatkanku

Dengan darah yang tercurah

Ampuniku atas dosa

Kubersujud kepadaMu

O Yesusku

Engkau kusembah

Kau yang terindah

Pulihkanku dengan darahMu

Engkau kusembah

Bapa mulia

Seumur hidupku

Kumau menyembahMu

 

 

8.      PERSEMBAHAN

Doa Persembahan:

Ya Allah Bapa terimakasih atas anugerah yang telah engkau limpahkan atas kehidupan kami. Terimkasih atas penyertaan yang tak henti-hentinya kau curahkan kepada kami. Bapa tadi kami telah mendengarkan firmanMu, kiranya engau menyertai hambaMu yang telah menyampaikan firman. Berkati setiap apa yang kami kerjakan. Bapa kami akan memberikan persembahan kami, kiranya persembahan yang kami berikan dapat menjadi berkat bagi GerejaMu ditempat ini. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin.

 

Sementara pundi-pundi di edarkan, semua pemuda-pemudi di ajak menyanyikan pujian yang berkata :

(Sungguh Ku Bangga Bapa) 2x

Sungguh 'ku bangga Bapa punya Allah seperti Engkau

Sungguh 'ku bangga Yesus atas s'gala pengorbanan-Mu

Tak ingin aku hidup lepas dari kasih-Mu

Kasih-Mu menyelamatkan dan b'riku pengharapan...

 

Reff :

 

Kini kupersembahkan apa yang aku miliki

Memang tiada berarti bila dibanding dengan kasih-Mu

Namun 'ku ingin memb'ri dengan sukacita di hati

Kar'na 'ku tahu ini menyenangkan hati-Mu...

 

 

 

9.      DOA SAFAAT  

Bapa yang bertahta didalam kerajaan sorga, punyaMulah segala kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada dilangit dn dimubi! yaTuhan, punyaMulah kerajaan serta segala bangsa dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagi kepala.

Ajari kami agar tidak sombong dengan keberadaan kami, agar tidak memandang rendang yang lain karen a pada dasarnya derajat kami saja dimata Tuhan, setelah melihat begitu luarnya alam semestelah ini kami bahkan lebih kecil dari setitik debu diantara ribuan galaksi.

Namun begitu puji syukur dan terimakasih kami panjatkan kehadirat-Mu. Karena kasih mu senantiasa ada atas kami.

Tuhan kami ingin menaikkan doa syafaat kami yang secara mengkhususnya bagi kami pemuda-pemudi dan pergumulan yang sedang kami hadapi pada saat ini,

Tuhan kami percaya janji dan kuasa-Mu dalam setiap langkah hidup kami Tuhan, dan rencana-Mu itu akan indah dan nyata pada saatnya nanti.

Kami berdoa untuk studi kami agar bisa menyelesaikannya dengan baik dan selalu mengadalkan Tuhan sehingga seletah lulus kami bisa menjadi contoh teladan dan berkat bagi orang lain,

Trimakasih Tuhan kami menyerahkan orang tua kami dan keluarga kami di manapun saat ini berada Engkau memberkati mereka seperti Tuhan memberkati kami di tempat ini, kami yakin dan percaya bahwa Engkau saja lah yang menjadi Tuhan dan Juruslamat kami. Trimakasih Tuhan di dalam anakMu Yesus kami berdoa. Haleluya Amen.

10.  PENUTUP

Sebelum mengahiri ibadah pemuda, WL mengajak semua pemuda-pemudi untuk menyanyikan pujian yang berkata “Hanya Dekat Allahku” dan merespon berkat Firman yang di dapatkan serta menghayati Pujian ini.

(Allahku Dasyat) 2x

Dari utara ke selatan
terdengar pujian bagi Allah
Dari barat sampai ke timur
nama Yesus disanjung tinggi
Dari pulau-pulau, lembah-lembah
Gunung-gunung yang tinggi
 
Kemuliaan-Nya disaksikan
kebesaran-Nya dic'ritakan
Yesus, Yesus nama Yesus
nama Yesus disanjung tinggi
Dari pulau-pulau, lembah-lembah
Gunung-gunung yang tinggi
 
Reff  :
 
Allahku dahsyat, berkuasa
S'luruh bumi sujud, menyembah
Tinggikan nama-Mu
Allahku dahsyat, berkuasa
S'luruh bumi sujud, menyembah
Tinggikan nama-Mu oooo...

 

Doa Penutup:

Tuhan pada saat ini biarlah apa yang kami lakukan kami perbuat untuk menyenangkan hati Tuhan, ini hati kami Tuhan hati yang kami serahkan sebagai pelayan Tuhan sebagai mata dan tangan yang Tuhan pakai untuk memberitakan firman Tuhan, Tuhan pakailah pribadi kami pada saat ini untuk melayani Tuhan. Tuhan kami pada kesempatan ini ingin mengakhiri ibadah persekutuan pemuda kami, sertai  dan lindungi apapun aktivitas yang akan kami lakukan setelah ini dan kami menyerahkan hidup dan kehidupan kami dari saat ini, besok dan selama-lamanya kedalam tangan Tuhan. Amin.....

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)